Sabtu, 05 Januari 2013

Perbedaan SDRAM dan DDRAM

RAM
       RAM ( Random Accses Memory ), merupakan memori kerja yang dipakai untuk menyimpan data sementara sebelum dijalankan oleh Prosesor . RAM komputer mempercepat aliran data antara Prosesor dengan media penyimpanan seperti Hard Disk, CD, DVD, dan lain-lain.. RAM tidak bisa menyimpan data, begitu daya listrik mati maka isinya juga hilang. Besaran Ram ditentukan oleh rumus MB ada 128 MB 256 MB 512 MB 1 GB dan seterusnya. Kecepatan Memory RAM bervariasi tergantung pada Frekuensi RAM tersebut, semakin tinggi Frekuensi RAM, maka data yang diakses akan semakin lebih singkat ( cepat ). Misalnya memory RAM 100 MHz atau 100 Juta Hertz, membutuhkan waktu transfer 1/100 Juta Sekon (detik) atau 10 nanosekon. Komputer yang memiliki jumlah memory RAM lebih tinggi akan lebih cepat membuka dan menggunakan banyak program aplikasi secara bersamaan dengan cepat. 
       Teknologi RAM telah banyak mengalami banyak perubahan. Jenis RAM yang banyak dipakai pada komputer saat ini adalah SDRAM (Synchronous Dynamic RAM), DDRAM (Double Data Rate RAM), dan DDR2 RAM. Untuk mengetahui komputer yang kita gunakan memakai DRAM atau SDRAM bisa dengan melihat secara fisik dari RAM tersebut, yaitu dengan cara membaca ada RAM itu. Atau bisa juga dengan melihat jumlah pembatas yang ada di RAM atau di Motherboard. Jika pembatasnya berjumlah 1 buah, berarti menggunakan DDRAM sedangkan jika pembatasnya berjumlah 2 buah, berarti menggunakan SDRAM.
SDRAM
     Single Data RAM adalah memori yang biasa di pakai di komputer Pentium 3 kebawah. kadang ditemukan juga di Pentium 4 awal. 
Karakteristik SDRAM :
1. Memiliki kemampuan setingkat di atas EDORAM
2. Slot memory untuk SDRAM adalah 168 Pin
3. Bentuk SDRAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM)
4. Memiliki kecepatan di atas 100 Mhz
5. Menggunakan konsep rising edge sehingga pembacaaan datanya saat clock berubah dari logik 0 menjadi logik 1 saja
                                                                     Gambar SDRAM
        RAM jenis SDRAM adalah dengan istilah PC100 dan PC133. Pada SDRAM dapat dilihat jelas pada chip-chip yang terletak pada memori. Pada chip-chip penyusun memori, yakni sebuah lempengan berupa IC (Integrated Circuit) berwarna hitam sebanyak beberapa buah. Pada badannya teradapat angka-angka yang di dahului tanda minus, misalnya -7,5; -6 dan seterusnya. Angka ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam menentukan frekuensi kerja maksimal memori tersebut. Rumus umumnya adalah f = 1000/T, dimana f adalah frekuensi kerja|(MHz) dan T adalah periode memori, yaitu angka yang tertulis pada chip memori tersebut, misalnya -7,5 maka frekuensi kerja maksimumnya adalah 1000/7,5=133MHz.

Jumlah slot dari memori tergantung dari slot yang tersedia pada MotherBoard. Cara pemasangan DIMM (SDRAM) :
1. Buka kancing socket
2. Periksa figure cetakan RAM
3. Masukkan modul SDRAM ke DIMM slot
4. Kunci/Tekan kembali kancing

DDRAM 
          DDRAM merupakan pengembangan SDRAM. Menggandakan kecepatan SDRAM. Mengonsumsi sedikit power listrik hingga cocok digunakan untuk notebook. 
Karakteristik DDRAM :
1. Memiliki kecepatan sangat tinggi hingga 1033 Mhz
2. Slot memory untuk DDRAM adalah 192 Pin
3. Bentuk DDRAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM)
4. Sudah banyak digunakan untuk komputer dengan processor Pentium 4
5. Menggunakan konsep rising edge dan falling edge sehingga pembacaan datanya 2 kali, yaitu saat sinyal clock berubah dari 0 menjadi 1 dan saat clock berubah dari 1 menjadi 0. Dengan konsep seperti ini, maka pembacaan data pada DDRAM jauh lebih cepat daripada SDRAM

Ada 2 jenis DDRAM, yaitu DDR1 dan DDR2
                                                                    Gambar DDR1
                                                                    Gambar DDR2 

           Memori jenis DDR2 ini ada beberapa jenis PC1800 PC2100 PC2700 dan PC320. Perbedaan DDR1 dengan DDR2 bentuknya yang agak mirip dan beda clock, RAM kedua jenis ini tidak bisa dipakai sembarangan, DDR2 biasanya dipakai untuk komputer yang berprosesor Dual Core / Core 2 Duo. Lock di mulai dengan PC4200 PC5300 PC6400. Harga DDR2 jauh lebih murah dari DDR1. DDR2 menggunakan 1.8 volt, sedangkan DDR1 menggunakan 2.5 volt. Hal ini menyebabkan DDR2 lebih hemat energi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar